Thursday, 28 June 2012

PCI NU Turki Dibentuk

Istanbul, NU Online
Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Turki dibentuk pada Ahad (3/6), di gedung ÖNDER, tak jauh dari Blue Mosque Istanbul, Istanbul, Turki. PCINU Turki terbentuk setelah masyarakat Nahdliyyin Turki bermusyawarah. Terpilih sebagai Rais Syuriyah H. Ahmad Faiz Irsyad Lc., MA dan Ketua Tanfidziyah Labib Syauqi. Rais Syuriyah terpilih, H. Ahmad Faiz mengatakan, PCINU Turki akan turut "mendakwahkan Islam rahmatan lil alamin, Islam ramah, Islam yang sifatnya memperbaiki bukan menghancurkan, Islam yang menasihati bukan menyalahkan, Islam yang mengedepankan musyawarah bukan yang mempertontonkan kebrutalan."
Sementara Ketua Tanfidziyah Labib Syauqi mengatakan, PCI NU Turki turut prihatin akan maraknya isu kekerasan atas nama agama yang akhir-akhir ini terjadi di Tanah Air. Kekerasan atas nama agama dapat mengancam persatuan serta kesatuan bangsa. “Terbentuknya Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama di Turki untuk periode 2012-2014 ini, diharapkan dapat ikut mengisi peran penting dalam upaya bersama-sama menghadirkan Islam dalam wajah yang ramah serta ikut menjaga keutuhan berbangsa dan bernegara,” ujarnya.
Untuk mengupayakan hal itu, sambung Labib, langkah pertama yang akan dilakukan PCI NU Turki adalah ikut berpartisipasi serta mengirimkan delegasi untuk hadir dalam acara pertemuan (PCINU) seluruh dunia yang akan dilaksakan di Lebanon pada 10-12 Juli 2012. Acara yang berlangsung saat bergantinya musim semi ke musim panas tersebut, dihadiri perwakilan KBRI yaitu Robertus Irawan (PENSOSBUD), Presiden PPI Turki, Ketua MII (Masyarakat Indonesia Istanbul), juga para tamu undangan lain yang mewakili lembaga serta elemen berbeda.
Istanbul, kota eksotis yang mulai menghangat siang itu, menjadi saksi atas merekah indahnya benih-benih pemikiran serta semangat mulia dari warga Nahdlatul Ulama yang berdomisili di Turki.
Budy Sugandi



SHARE THIS

Author:

PCI NU Turki atau kepanjangan dari Pengurus Cabang Istimewa Turki, merupakan organisasi sosial keagamaan, yang berpusat di Jakarta, Indonesia. PCI NU Turki juga merupakan wadah Silaturahim dan bertukar pikiran untuk mengimplementasikan Islam yang moderat, progresif dan membumi.

0 comments: