Monday, 24 June 2013

Semarak Satu Tahun PCI NU Turki

Minggu 23 Juli 2013, Warga Nahdliyin Indonesia di Turki berkumpul di Ankara untuk memperingati hari ulang tahun PCI NU Turki yang pertama. Acara tersebut merupakan rangkaian terakhir kegiatan PCI NU Turki dalam perayaan ulang tahunnya. Rangkaian terakhir peringatan hari ulang tahun PCI NU Turki ini diisi dengan kegiatan pengajian umum di wisma KBRI Ankara, yang terselenggara atas kerjasama antara KBRI Ankara, KJRI Istanbul, fihak Atase Pertahanan, dukungan penuh dari Ibu-ibu majlis ta’lim Al-Hikmah, serta para warga negera Indonesia di Ankara.
Satu hari sebelumnya sabtu 22 Juni 2013, para warga nahdliyin Indonesia di Turki melakukan kunjungan ketempat-tempat bersejarah yang ada di Ankara dan juga melakukan ziarah ke makam Haci Bayram Veli yang merupakan salah satu tokoh tarekat Bayramiyyah di Turki.
Dalam sambutannya, ketua panitia peringatan hari lahir PCI NU Turki mengatakan “untuk memeriahkan hari ulang tahun pertama ini, PCI NU Turki telah menyelenggarakan berbagai macam kegiatan, mulai dari Lomba Foto dan Cipta Puisi yang telah berlangsung selama satu bulan sebelumnya, diskusi pelajar tiga benua dari NU Tunis, NU Mesir dan NU Turki pada tanggal 19 Juli, juga orasi budaya bersama Cak Nun (Emha Ainun Nadjib) di Istanbul pada tanggal 19 Juli, kemudian ditutup dengan acara Pengajian Umum di Ankara “ jelas Ridho Assidicky.
Acara Pengajian Umum yang dilaksanakan di Wisma KBRI Ankara tersebut dihadiri sekitar 80 orang yang memadati tempat pengajian. Acara dihadiri juga oleh home staffKBRI Ankara dan para pelajar Indonesia di Turki, dukungan ibu-ibu majlis ta’lim Al-Hikmah yang telah menyediakan berbagai hidangan masakan Indonesia spesial, membuat acara tersebut juga menjadi spesial.
Dalam ceramahnya ustad Ahmad Faiz yang juga Rois Syuriyah PCINU Turki berpesan tentang pentingnya menjaga ukhuwah atau hubungan baik antar makhluk (ukhuwah makhlukiyah), hubungan antar manusia (ukhuwah basariyah), hubungan antar suku bangsa (ukhuwah wathoniyah) dan ukhuwah islamiyah atau hubungan baik antar sesama muslim.
Kesempatan bertemu di Ankara kali ini juga tidak disia-siakan warga nahdliyin sendiri. Selain pengajian umum, dilakukan juga rapat internal anggota PCI NU Turki untuk merencanakan kegiatan-kegiatan kedepannya serta mengevaluasi kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan.
PCI NU Turki sendiri resmi berdiri pada tanggal 3 Juni 2012 di Istanbul. PCI NU Turki bertujuan untuk ikut andil menjaga ukhuwah Islamiyahukhuwah Wathoniyah danukhuwah Insaniyah yang mengemban kepentingan nasional serta internasional dengan berpegang teguh pada prinsip-prinsip al-ikhlash (ketulusan),al-‘adalah (keadilan), at-tawassuth (moderasi), at-tawazun (keseimbangan) dan at-tasamuh (toleransi).
Kontributor
Hari Pebriantok



SHARE THIS

Author:

PCI NU Turki atau kepanjangan dari Pengurus Cabang Istimewa Turki, merupakan organisasi sosial keagamaan, yang berpusat di Jakarta, Indonesia. PCI NU Turki juga merupakan wadah Silaturahim dan bertukar pikiran untuk mengimplementasikan Islam yang moderat, progresif dan membumi.

0 comments: