Wednesday, 3 June 2015

Rais Syuriah PCINU Turki berhasil raih gelar Doktor

Pada hari Senin, 1 Juni 2015 di Konya, Turki, Ahmad Faiz Irsyad, Rois Syuriyah PCINU Turki, berhasil meraih gelar Doktor dalam bidang Sastra Arab dari Universitas Selcuk, Turki.
Dalam sidang di hadapan lima penguji; Prof. Dr. Recep DİKİCİ, Prof. Dr. A. Kazım ÜRÜN, Prof. Dr. Tacettin UZUN, Doç. Dr. Mahmut KAFES dan Doç. Dr. Özgür SARI,
mahasiswa asal Kudus, Jawa Tengah ini berhasil mempertahankan Disertasi setebal 262 halaman yang berjudul İbn Hişam Ve ‘Evdahu’l-Mesalik’ Adlı Eserindeki Metodu (Ibnu Hisyam dan Metodologi Kitab Audah al-Masalik).
“Disertasi ini mengupas metodologi kitab karya Ibnu Hisyam yang berjudul Audah al-Masalik. Kitab ini sendiri adalah syarah dari kitab Alfiyyah-nya ibnu Malik yang banyak dihafalkan oleh para santri di pesantren-pesantren di Indonesia”, ujar suami dari dari Farizah Qori ketika menjelaskan kepada tim redaksi situs pcinuturki.com.
Keberhasilan Ahmad Faiz mempertahankan disertasi dalam sidang tertutup yang dilaksanakan di Aula Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Universitas Selcuk tersebut sangat membanggakan karena proses untuk meraih gelar Doktor di Turki bisa dikatakan tidak mudah.
Sebagai informasi, Ayah dari Ahmad Tajul Waqor ini berhasil menyelesaikan kuliah tepat waktu selama empat tahun atau yang pertama diantara teman-teman mahasiswa Doktoral seangkatannya dari Indonesia. Selain itu Ahmad Faiz juga merupakan mahasiswa asing pertama yang berhasil lulus dari program Doktoral pada jurusan Bahasa dan Sastra Arab di Universitas Selcuk.
Karena kemampuan akademiknya, mahasiswa yang menyelesaikan kuliah strata satu di Suriah dan strata dua di Libya tersebut, di samping aktifitasnya sebagai mahasiswa Doktoral juga diberikan kepercayaan oleh pihak Universitas Selcuk untuk menjadi dosen pengajar di kampus.
“Keberhasilan Kiyai Faiz semoga memberikan inspirasi tidak hanya bagi Nahdliyyin, tapi juga bagi para mahasiswa di Turki yang sedang berjuang menyelesaikan studinya” Ujar Katib Syuriah PCINU Turki Muhammad Syauqillah selepas acara promosi Doktor Ahmad Faiz. 

SHARE THIS

Author:

PCI NU Turki atau kepanjangan dari Pengurus Cabang Istimewa Turki, merupakan organisasi sosial keagamaan, yang berpusat di Jakarta, Indonesia. PCI NU Turki juga merupakan wadah Silaturahim dan bertukar pikiran untuk mengimplementasikan Islam yang moderat, progresif dan membumi.

0 comments: