Tentang Kami


Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama Turki atau disingkat sebagai PCI NU Turki merupakan organisasi cabang dari Nahdlatul Ulama (NU) Indonesia untuk wilayah Turki.  
Nahdlatul Ulama (NU) didirikan di Surabaya pada tanggal 16 Rajab 1344 H bertepatan dengan tanggal 31 Januari 1926 M. Saat ini Pengurus Besar NU berkedudukan di Jakarta, Ibukota Negara Republik Indonesia.
NU berpedoman kepada Al-Qur’an, As-Sunnah, Al-Ijma’, dan Al-Qiyas. Nahdlatul Ulama beraqidah Islam menurut faham Ahlusunnah wal Jama’ah; dalam bidang aqidah mengikuti madzhab Imam Abu Hasan Al-Asy’ari dan Imam Abu Mansur al-Maturidi; dalam bidang fiqh mengikuti salah satu dari Madzhab Empat (Hanafi, Maliki, Syafi'i, dan Hanbali); dan dalam bidang tasawuf mengikuti madzhab Imam al-Junaid al-Bagdadi dan Abu Hamid al-Ghazali.
NU merupakan organisasi Islam terbesar di Indonesia, dengan jumlah orang terafiliasi ke NU sebanyak 79 juta orang. Dengan jumlah pengikut yang sangat besar, NU telah ikut menentukan perjalanan sejarah bangsa Indonesia. NU tidak mempertentangkan antara kebangsaan dan keislaman. NU tidak menuntut formalisasi negara Islam berdasarkan syariat Islam dan menerima Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan Pancasila sebagai piagam (kesepakatan bersama) yang menjadi pemersatu bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai macam agama, ras, suku, dan kepercayaan.
Dengan munculnya berbagai kelompok radikal dan ekstrim yang menebar teror dan kebencian di dunia Islam beberapa tahun terakhir, NU terus memperjuangkan Islam yang damai dengan prinsip al-ikhlash (ketulusan), al-‘adalah (keadilan), at-tawassuth (moderat), at-tawazun (keseimbangan) dan at-tasamuh (toleransi). Dengan prinsip yang dianut  tersebut, NU menjadi salah satu soko guru negara-bangsa Indonesia.
Pembentukan Pengurus Cabang Luar Negeri Nahdlatul Ulama, salah satunya di Turki, adalah sebagai wadah untuk menjaga dan mengembangkan prinsip-prinsip yang dianut Nahdlatul Ulama, baik bagi warga negara Indonesia maupun bagi warga Turki yang setuju dengan prinsip Nahdlatul Ulama.
Pembentukan PCI NU Turki mulai dirintis sejak tahun 2011, dengan pembentukan Komunitas Warga Nahdliyyin di Turki (KWNT). Dengan semakin banyaknya anggota komunitas dan dukungan dari berbagai pihak, Komunitas Warga Nahdliyyin di Turki (KWNT) menyelenggarakan Musyawarah Perdana di Istanbul pada tanggal 3 Juni 2012. Musyawarah tersebut menghasilkan keputusan membentuk PCI NU Turki dengan memberikan amanah kepada Ahmad Faiz Irsyad Lc., MA sebagai Rais Syuriyah dan Labib Syauqi sebagai Ketua Tanfidziyah. Pembentukan dan kepengurusan PCI NU Turki telah disahkan oleh Pengurus Besar NU di Jakarta.
Sampai saat ini PCI NU Turki terus berkembang di Turki, anggota-anggotanya berada di berbagai kota di Turki, seperti Erzurum, Malatya, Konya, Kayseri, Bursa, Eskişehir, İzmir, Ankara, Istanbul, Gaziantep dan kota-kota lain di Turki. Sekretariat PCI NU Turki pernah berada di Konya sejak 2012 s.d. 2014, lalu berpindah ke Istanbul dari tahun 2014 s.d. 2017.

1 comment:

  1. Assalamualikum wr.wb.
    Kantor pusat pcinu turki di istanbul sebelah mana?

    ReplyDelete